Selasa, 04 November 2008

MUSIC - story of live


Menciptakan sebuah desain sebaiknya dilingkupi rasa nyaman. Bagaimanapun juga, sisi psikologis kita sangat berpengaruh dalam hasil akhir sebuah desain.
Menciptakan rasa tidak selalu berkutat pada suasana kerja, karena apa yang sedang (akan) kita kerjakan juga bisa berpengaruh pada jiwa kita juga.

Sedikit cerita ketika saya sedang suntuk mengerjakan FUNIMAL, saya bilang pada pimpinan supaya boleh mengerjakan satu style yang saya suka. Setelah berargumen dengan sket2 saya, akhirnya konsep di acc oleh pimpinan dan ...... mulai bekerja.

konsep dari desain ini sendiri adalah musik tidak sekedar nada atau suara, musik dalam pandangan saya adalah sebuah komposisi..yang seperti halnya kehidupan, musik ada yang keras, lembut hingga cenderung merengek2 (seperti lagu2 sekarang .... lemesssss). Musik ibarat urutan sebuah cerita hidup yang naik turun, kadang sedih kadang gembira.

Karena segmen pasar yang dibidik adalah remaja, maka saya mengerjakannya dengan teknik yang (saya rasa) mewakili jiwa anak muda yakni keluar dari style photo album yang biasa ada di pasaran ... remaja yang mana?? ya saya sendiri ...ha..ha..saya kan masih remaja.
Desain mengambil nuansa hitam putih dengan penampilan image secara impisit, dengan ditambahi teks yang berhubungan dengan image bersangkutan yakni vokalis, gitaris, pianis dan drummer. Oya...warna hitam tujuannya adalah untuk membangun kesan gothic.

Tehnik mungkin dianggap kerjaan vector tapi terus terang saya mengerjakannya dengan memakai program Photoshop CS3. Dengan teknik cetak memakai 1 warna (hitam) 2 film.

PROSES DESAIN

1. Sket/draft kasar
2. Pencarian image yang senada dengan sket.
3. Olah image
4. Persiapan produksi (film, spot UV dll )

OLAH IMAGE
(menunggu ditampilkan)

PENCARIAN LOGO DAN SLOGAN
Agak lama juga dalam proses mencari logo karena awalnya kita harus menemukan dulu kata2 apa yang akan kita angakat kedalam logo. Setelah lama mencari..akhirnya....
Seperti biasa, rasanya gatal bila tidak mengolah..makanya saya mulai memermak konsep logo.
Teks music kayaknya masih lugu dan belum terkesan sangar, jadi saya tambahi sedikit lengkungan plus saya pecah untuk meimbulkan kesan garang. Terus saya punya ide pita dibawahnya dengan eksekusi garis tak beraturan untuk mendukung teks musik itu sendiri.
Dan hasilnya ......



Preview cover depan
(spot UV pada teks music story of life diwakili dengan penurunan opasiti)

insert
InsertInsert
Insert
Insert
Insert
Insert

Pada cover belakang saya hanya menambahkan logo dengan sedikit penambahan image
(image total konsep) seperti dibawah ini :

Preview desain jadi :


4 komentar:

Syarif mengatakan...

Keren banget nih..
Sotosopnya ADVANCE.
Salut..Salut..

frisnanda mengatakan...

halo

31maya mengatakan...

wow...nggegirisi...item2 euyyyy..

ino mengatakan...

sampeyan emang keren mas,
aku masih blajar PS, belum ahli dah bosen.
corel draw juga baru kenalan.
pengen jadi kartunis n designer grafis kaya sampeyan, tapi entah kapan bisa keturutan.