Rabu, 06 Agustus 2008

sebuah pemikiran tentang desain


Sebuah desain yang bagus menurut saya adalah desain yang tidak hanya mengeksekusi sebuah konsep menjadi bagus secara visual saja (warna, image ..dll), tapi desain harus bisa menyampaikan pesan kepada publik.
Menurut saya...ada hal yang tidak kalah penting dari hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya yaitu KARAKTER...mengapa?? Karena karakter di desain ibarat logat pada bahasa dimana kita bisa membedakan dia orang mana hanya dengan mendengarkan logat bahasanya..seperti perilaku satu orang dengan orang lain...ibarat gitaris yang langsung dikenali cuman dengan kord-kordnya atau petikannya saja.
Tapi apakah itu tidak membatasi kita untuk menjadikan kita menjadi global desainer ??
Menurut saya ada benarnya juga pendapat tsb, tapi menurut saya..eksisternsi kita terhadap suatu warna yang sudah kita yakini dulu atau sekarang adalah sangat penting, karena selama kita eksis dan berusaha mengembangkan apa yang sudah kita geluti kita tidak perlu takut dianggap menjadi orang yang stagnan. Trend sebaiknya hanya untuk memperkaya style kita bukan menjadikan kita selalu mengikutinya. Susah membayangkan jika Ahmad Dani membuat album Dangdut hanya karena masyarakat sedang demam Dewi Persik yang nari sambil buka-bukaan. Semua ada batasannya.
Nggak usah terlalu jauh menjadi global desainer..he..he. Dimanapun itu, kalau kita cuman mengekor karya orang bagaimana mau dianggap?
Syukur-syukur bisa menciptakan trend ...
kapan Indonesia bangkit ??? potensi kita melimpah kok ..


nominasi poster
THE SPIRIT OF OLYMPIC
di Senayan City Mall, Jakarta - 16 Juli 2008

nominasi poster
Lomba Desain Poster “Satu Hati Cerdaskan Bangsa”
POCARI SWEAT-METRO



22 komentar:

febru art gallery mengatakan...

aq juga ikutan lomba ini, cuma masuk final aja gak...
kalo sempat mampir ke blog ku dab...kasih masukan aja biar aq jadi tahu apa yang kurang...
tengkyu...

Antown mengatakan...

yoi, tapi kayaknya kita butuh waktu lama untuk menciptakan tren desain mas. Dulu memang sempat booming saat saya masih tinggal di Jogja. Di sana atmosfir desain sangat kental dalam mengusung kebudayaan lokal.

Tapi akhir2 ini saya kurang mengetahui lagi perkembangannya..

btw, ikut PDF Bajigur #6 gak?

herdi-hidayat mengatakan...

kern2 banget designnya bos....boleh kapan2 saya email anda utk discuss dan tukar pikiran ttg karikatur atau kartun? saya maniak comic juga.....kunjungi blog saya di karikaturku.blogspot.com tapi karya2 saya masih manual belum secanggih sampeyan....sukses terus mudah2an karakter2 anda bisa menjadi bagian dari karakter2 komik/kartun dunia....

SukArtOen mengatakan...

Terimakasih semua komentarnya..
Buat mas febru, nggak masuk tu bukan jaminan karya kita jelek kok. Kadang masalah pas atau tidaknya (terutama dengan pemikiran Juri).

Buat antwown..
sebenarnya yang saya bicarakan bukan mutlak ke sebuah trend desain, tapi bagaimana kita konsisten pada gaya yang kita bawa (ini juga masalah standart penilaian pada karya kita sendiri...harus jujur baik apa tidak, mungkin atau tidak diterima masyarakat)
Aku sih melakukan sesuatu yang aku senang..tidak karena trend. Trend hanya influenze..menginspirasi. Ambil jiwanya untuk style kita.

Buat mas Herdi
Salam kartun..senang bisa sua sama kartunis seperti anda. Manual anda bagus..kalau komputer sih bisa dipelajari mas.
Ayo ngartun terus

Anonim mengatakan...

ngeri deh bos...salut...two thumbs up buat kemajuan dan pencapaian sampean. ga nyangka deh bos...

ngerii deh..sip, keep up the good work...

btw masih nyanyi gak...c'mon c'mon :)

SukArtOen mengatakan...

Mas Omar...
Matur nuwun komentaripun..
Masalah nyanyi anda ketinggalan berita ya ?? kok di INDONESIAN NEXT STAR anda tidak ikut lomba mirip mas IAN ... hahahahahah..
Ayo terus berkarya mas....

Anonim mengatakan...

wah2, manual n digitalnya mantaps mas. Salut. slm kenal ya... n mampir ke galleryku juga:) thx b4

Anonim mengatakan...

wah2 digital n manualnya mantaps mas. slm kenal n mampir ke galleryku juga yah:) thx b4

SukArtOen mengatakan...

terimakasih komentnya mas Zibalbo ..
masih terus mencari bentuk kok mas, cenderung seneng manual apa digitalnya mas??

chowzn mengatakan...

wiuh keren euy designnya, menarik,inspiratih, lam kenal aja deh..aku tunggu di sketsaku.

SukArtOen mengatakan...

makasih mas...aku dah liat blognya dan menurutku artikel2 di dalamnya sangat bermanfaat.
Thank's ya

qiendesign mengatakan...

wow, amazing design, mantep banget, luar biasa, apalagi yah.....

pokonya mantep banget dah design2 mas sukartoen, salam kenal juga mas.

Anonim mengatakan...

salam kenal
keren ya desainnya.
bisa ditulis gag sekali-kali tentang proses kreatifya.
Mulai dari sket sampai coloring.
ditunggu...
thanks

SukArtOen mengatakan...

Buat Mas Yaqiendesign
Makasih komentnya ya, semoga semuanya tidak menjadikan karya mandeg sampe di sini.
Ayo mas, semangat terus buat desain Indonesia

Buat mas Deny. Selamat deh mas atas kaos dari British Council...aku malah nggak tau kalo ada event tsb. Kalo ada lagi mau dong infonya.
Soal proses kreatif desain saya, tunggu tanggal mainnya ya. Masih banyak desain yang belum saya masukkan.
Tukeran link ya

Anonim mengatakan...

Wah wah gambarnya bagus-bagus, asli, sumpah saya ndak bohong..

Antown mengatakan...

kang ini ada award buat sampean. silakan diambil di blog saya

http://antownholic.com/?p=80

Anonim mengatakan...

Wah, Masnya ini bener2 "gila1" Eh maaf jangan tersinggung dulu, maksud saya gila bener kreatifitasnya. Karakter dapet bener, bukan sekedar ngejiplak punya orang kayak desainer poster2 film kina akhir2 ini. Jarang2 saya nemu orang kayak Masnya ini, ilustrasinya yahud, desain grafisnya juga yahud! Karya2nya jujur kalau boleh saya bilang udah masterpiece ^.^ Kalau saja Anda bisa menjadi suhu saya... *menjura*

Tapi Mas, kalau boleh sedikit saran, gimana kalau tampilan weblognya ini dipermanis lagi? Biar orang makin betah dan semakin kenal dengan brand image Anda ^^

Anonim mengatakan...

Salam kenal Mas Sukartoen,
internet itu hebat banget ya, memungkinkan menelusuri lembar demi lembar visual, berkenalan dengan siapapun yang inspiratif... seperti karya-karya ya Mas ini. Bagus-bagus banget, Mas! =)

Anonim mengatakan...

halo mas sukri... iki redy
kartunmu apik2 mas. komikmu sing mbiyen mbokgawe jaman SMP ning buku gambar cap banteng kae isih ora? hehehe

Antown mengatakan...

mas saya ada info lomba di blog saya. lomba poster. .tapi sayang kurang satu hari lagi. hiks.
sampean punya info apa nih?

Erick S. mengatakan...

Mas, aku ngasi uber amazing blog buat blog ini. Silakan di cek di http://ericbdg.blogspot.com/2008/10/dapet-award-euy.html

senandunghidup mengatakan...

waww...
bagus bangett bang gambarnya
salam kenal dan sukses selalu ya kak